Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Menarik dari Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Wisata Gunung Tangkuban Perahu. Sumber foto : Traveloka.com

Gunung Tangkuban Perahu adalah sebuah gunung yang berada di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 meter. Gunung Tangkuban Perahu memiliki pesona alam yang menawan dan menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia.

Daya tarik wisata Gunung Tangkuban Perahu ini tak hanya terletak pada keindahan alamnya yang menakjubkan, namun juga karena kisah legenda yang melingkupinya. Menurut legenda, Gunung 

Tangkuban Perahu yang berbentuk seperti perahu terbalik ini, tercipta akibat pertikaian antara seorang ibu dan anak. 

Berdasarkan cerita, kisah ini bermula saat Sangkuriang, putra Dewi Dayang Sumbi dari Sunda, jatuh cinta pada ibunya sendiri yang tidak diketahuinya. 

Kemudian, Dewi Dayang Sumbi menugaskan Sangkuriang untuk membuat sebuah perahu dan suatu saat selesai dalam waktu satu malam. 

Tak ingin melaksanakan tugas tersebut, maka Sangkuriang mengaku akan membuatnya dengan syarat Dewi Dayang Sumbi menikahinya. 

Merasa tak mungkin melaksanakan syarat itu, Sangkuriang kemudian mencongkel garpu dan meledakkan semua hasil yang sudah dia kerjakan. 

Perbuatan itu membuat perahu yang akan digunakan olehnya dan garpu yang membelah perahu tersebut menjadi sebuah gunung yang dikenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu.

Sebagai objek wisata, Gunung Tangkuban Perahu memiliki beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi. Pertama, adalah Kawah Ratu. 

Kawah ini merupakan kawah utama di Gunung Tangkuban Perahu yang berada di puncak gunung. Dari kawasan ini, pengunjung akan bisa menikmati pemandangan pegunungan dan lembah yang indah.

Selain Kawah Ratu, objek wisata lain yang tak kalah menarik adalah Kawah Domas. Kawah Domas memiliki sumber air panas yang dapat dimanfaatkan untuk mandi dan bersantai. 

Selain itu, di kawasan ini juga terdapat kandang binatang yang menjadi rumah bagi rusa, monyet, dan kuda liar. Tempat ini juga dapat dijadikan lokasi untuk bermain dan berinteraksi dengan binatang-binatang tersebut.

Jangan lupa juga mengunjungi kawasan wisata Bukit Moko. Lokasi ini merupakan tempat yang tepat untuk menikmati udara sejuk dan pemandangan panoramik Bandung yang indah. Di sini, pengunjung dapat berfoto dan menikmati suasana segar yang menyegarkan.

Untuk menuju ke kawasan Gunung Tangkuban Perahu, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum dengan rute Bandung – Lembang. 

Perjalanan dari pusat kota Bandung hingga mencapai destinasi wisata ini memerlukan waktu sekitar satu jam perjalanan.

Dalam kunjungan ke Gunung Tangkuban Perahu, para pengunjung diharapkan dapat mematuhi aturan-aturan yang berlaku. 

Beberapa aturan penting yang harus diperhatikan antara lain adalah tidak membuang sampah sembarangan, memperhatikan keamanan dan keselamatan, serta menjaga kebersihan kawasan wisata.

Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan di kawasan Gunung Tangkuban Perahu, pihak pengelola juga telah melakukan beberapa upaya untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. 

Beberapa upaya tersebut antara lain adalah melakukan penghijauan, pembenahan jalan masuk ke kawasan wisata, dan pembangunan tempat parkir yang luas. 

Dengan demikian, Gunung Tangkuban Perahu akan selalu menjadi destinasi wisata yang menarik dan ramah lingkungan bagi pengunjung dari seluruh dunia.